Selasa, 18 Mei 2021

Tunjukkanlah Aku Jalan yang Lurus

Tuhan, bolehkah aku bertanya?

Tentang akan kemanakah mereka yang melakukan bom bunuh diri dengan alasan jihad.

Surga kah? atau neraka?

Kami sepakat bahwa membunuh, baik membunuh diri sendiri terlebih manusia lain adalah sebuah dosa besar. Alih-alih sebuah jihad.

Maka, neraka kah untuknya?

Tapi, pem-bom itu tentu tidak sepakat tentang ini. 

Mereka jelas meyakini bahwa itu adalah jalan menuju ridha-Mu, karenanya mereka siap mati di jalan itu.

Jadi, Surga kah baginya?

Ini adalah hak prerogatif-Mu, hanya Engkau yang tahu jawabannya. Itulah mengapa saya bertanya langsung pada-Mu.


Tidak, saya tetap meyakini bahwa itu dosa. 

Saya masih berpegang teguh bahwa "siapa yang melayani dan memuliakan makhluk-Mu, hakikatnya sedang melayani dan memuliakan-Mu".

Yang ingin saya katakan adalah walaupun banyak ulama-ulama yang melarang perbuatan itu, tapi tetap saja banyak yang melakukannya.

Ini berbeda dengan ibadah lain; shalat

Setiap muslim, terlepas apakah dia menjalankanna atau tidak, tapi semua sepakat bahwa meninggalkan shalat adalah dosa.

Ini berbeda, Tuhan.

Masing-masing dari kami sepenuhnya sadar dan yakin bahwa apa yang kami lakukan adalah benar dan diridhai oleh-Mu.

Jadi tolong, bisakah Engkau saja yang langsung mengatakan pada kami tentang mana yang benar dan mana yang salah?

Aku yakin, jika Engkau sendiri yang mengatakan, tak akan ada lagi perdebatan.

Tunjukkanlah kami jalan yang lurus.


Adi Muhammad,

Bandung, 28 April 2017

0 komentar:

Posting Komentar